feedburner

Lorem ipsum dolor sit amet,
consectetur adipisicing elit,
sed do eiusmod tempor incididunt ut labore
et dolore magna aliqua.

Title


class="span-24">

Klasemen

Hasil & jadwal pertandingan Arema
11 Oktober - Arema vs Persija 1-0
14 Oktober - Arema vs PSPS Pekanbaru 0-0
22 Oktober - Bontang FC vs Arema 1-2
25 Oktober - Persisam Samarinda vs Arema 0-1
28 November - Persitara vs Arema 0-0
2 Desember - Pelita Jaya vs Arema 0-2
6 Desember - Arema vs Persiwa Wamena 1-0
9 Desember - Arema vs Persipura Jayapura 2-1
12 Desember - Persijap Jepara vs Arema 0-1
16 Desember - Persela Lamongan vs Arema 1-0
19 Desember - Arema vs Persib Bandung 0-0
23 Desember - Arema vs Sriwijaya FC 3-0
10 Januari - Arema vs Persema Malang

Daftar pencetak gol Arema
4 gol - Noh Alam Shah,M. Fakhrudin
3 gol - Roman Chmelo
1 gol - Rahmat Affandi,Piere Njanka

Kamis, 17 Desember 2009

Hibah Persema Dinilai Terlalu Besar


Hibah Persema Dinilai Terlalu Besar Anggota dewan mulai menyoroti hubah Persema pada 2010 yang mencapai Rp 18 miliar. Hibah tersebut dinilai terlalu besar, karena banyak pos lain yang masih membutuhkan anggaran. Selain itu, saatnya pendanaan Persema sudah tidak lagi numpang pada APBD. "Harusnya pemkot mulai mengondisikan Persema untuk mandiri," ujar anggota dewan dari Partai Demokrat Suprasnowo Munadjam, kemarin.

Menurut dia, proyeksi hibah Persema melalui hibah KONI di tahun anggaran 2010 meningkat, yakni sekitar Rp 18 miliar dari anggaran tahun sebelumnya Rp 16,250 miliar. Kenaikan hibah untuk Persema itu telah dirancang dalam RAPBD 2010 Kota Malang melalui pos hibah KONI dengan total Rp 26 miliar. Anggaran di KONI ini sendiri naik Rp 3 miliar dari tahun sebelumnya Rp 23 miliar.

Selain itu, dana hibah 2010 tersebut jauh dari proyeksi banggar (badan anggaran) dewan. Karena banggar mengalokasikan Rp 18 miliar untuk hibah KONI. Penjabarannya, Rp 13 miliar untuk Persema, Rp 3 miliar cabang olahraga (cabor) lain, dan Rp 2 miliar khusus KONI.

Tapi nyatanya, dalam penetapan KUA-PPAS (kebijakan umum anggaran-prioritas plafon anggaran sementara) maupun draft RAPBD 2010, hibah KONI dianggarkan Rp 26 miliar. "Hibah untuk KONI memang naik. Setahu saya sudah disepakati dalam KUA-PPAS," ungkap Suprasnowo.

Dana hibah Persema itu, lanjut Prasnowo, sama dengan alokasi dana untuk pos sekretariat dewan, yakni Rp 18,029 miliar. Bahkan, hibah ini jauh lebih besar dibanding alokasi belanja langsung dinas kesehatan dalam RAPBD 2010 yang hanya Rp 13,391 miliar.

Dijelaskan, saatnya dana hibah Persema mulai dikurangi agar nantinya bisa mandiri. Jika dalam perjalanan ternyata kemandirian Persema itu belum bisa dibentuk, minimal operasionalnya tidak hanya mengandalkan APBD. Setidaknya, klub sepakbola milik Pemkot Malang itu bisa mencari sokongan dana lain. Salah satunya dari sponsor.

Dengan begitu, banyaknya dana hibah yang mengalir ke KONI untuk kepentingan Persema bisa dipangkas dan dialokasi untuk kebutuhan lain. "Harusnya sudah bisa mandiri. Caranya, coba sekali saja melepas Persema tanpa APBD. Mampu bertahan tidak. Setelah itu baru dilakukan evaluasi kembali," beber dia.

Prasnowo membeberkan, sekelas Persema dengan usia cukup matang, idealnya tidak bergantung lagi pada pemkot. Istilahnya seperti pertumbuhan anak kecil, sudah waktunya Persema mampu berdiri tanpa bantuan orang lain. "Masak masih netek terus. Kapan majunya kalau begitu. Parahnya sampai saat ini belum ada prestasi menonjol yang mampu diukir Persema," tandasnya.

Terpisah, Asisten III Sekkota Malang Imam Buchori membenarkan bahwa di tahun anggaran 2010 hibah untuk KONI tetap ada. Sayangnya, mantan kabag keuangan pemkot itu enggan menjabarkan detil besaran anggaran untuk pos Persema.

Hanya, besarannya tidak jauh beda dengan tahun anggaran 2009. Hibah ini tetap dilakukan karena pemkot mengacu UU keolahragaan. "Tidak benar kalau dana Persema. Itu adalah hibah KONI. Di dalamnya untuk pembinaan olahraga, baik bola maupun cabang olahraga lain," terang Imam.

Secara lengkap, lanjutnya, anggaran tersebut telah dirancang dalam RAPBD 2010 dan telah diserahkan pada dewan sejak Jumat (11/12) lalu. "Namanya masih rancangan sehingga potensi berubah tetap ada. Tapi harapannya tidak berubah lagi karena mepetnya waktu," kata Imam.

0 komentar: